Tuesday, June 12, 2018

Berbagai Penyebab Ibu Merasa Sakit Saat Menyusui


Rasanya ingin menyerah saja dikala rasa sakit timbul setiap kali menyusui si Rehat? Jangan khawatir, Ibu tidak sendiri. Ada banyak ibu lain, khususnya ibu baru, yang juga merasa sakit dikala memberikan menyusui. Tapi, sesudah mengenal penyebab dan sistem menuntaskannya, Ibu bisa kembali menyusui si Rehat dengan lebih nyaman.


Menyusui adalah hal yang alami. Tapi, rupanya ada banyak kendala yang mungkin Ibu alami dikala masa permulaan menyusui. Hening saja, hal ini tidak segera membikin Ibu kemudian menjadi ibu yang buruk.

Sumber Rasa Sakit Ketika Menyusui

Beberapa wanita tidak semacam itu saja segera bisa menyusui dengan lancar, khususnya di minggu pertama sesudah melahirkan. Rasa sakit pada payudara ini lazimnya akan benar-benar terasa dikala air susu ibu (ASI) keluar dari puting. Seandainya Ibu termasuk salah satunya, jangan menyerah dahulu, Bu. Ada sebagian hal yang lazimnya menyebabkan nyeri dikala menyusui, antara lain:

Pembengkakan payudara

Ibu tidak perlu khawatir. Pembengkakan payudara memang lazim terjadi di permulaan masa menyusui. Di masa ini payudara akan lebih terasa cepat, berat, dan hangat. Ini adalah sistem kerja tubuh supaya bayi mendapat cukup ASI. Selain itu, pembengkakan mungkin juga bisa menjadi permasalahan dikala bayi tidak lagi menyusu sesering dahulu.

Posisi menyusu yang kurang tepat

Puting yang terasa sakit dikala pertama kali menyusui adalah hal yang normal kok, Bu. Tapi bila ini masih terasa hingga lebih dari 1 menit, mungkin Ibu perlu memeriksa apakah posisi menyusui sudah tepat. Payudara yang bengkak juga bisa membikin Ibu merasa sakit dikala menyusui sebab mulut bayi tidak bisa merekat dengan tepat pada puting payudara. Seandainya posisi sudah tepat, hidung dan dagu bayi lazimnya akan meraba payudara. Seluruh areola atau area payudara yang berwarna cokelat di sekitar puting sebagian besar akan masuk ke dalam mulut bayi. Bukan saja ujung puting. Ibu bisa menunggu hingga bayi membuka mulutnya lebar-lebar untuk menata ulang posisi.

Puting yang kering atau retak

Puting yang kering mungkin juga bisa menjadi penyebab rasa sakit pada masa permulaan menyusui, Bu. Sementara puting yang retak bisa diakibatkan kulit kering, posisi yang salah dikala memompa ASI, pelekatan mulut bayi yang kurang tepat, dan juga infeksi jamur. Kondisi ini bisa menyebabkan adanya darah yang ikut serta keluar dikala Ibu menyusui atau memompa ASI. Padahal terlihat mengkhawatirkan, tidak apa-apa bila darah ini sempat masuk ke mulut bayi, sebab lazimnya cuma berjumlah sedikit. Untuk meredakannya, pastikan si kecil menyusu dengan sistem dan posisi yang benar, kemudian Ibu cukup membersihkan puting dengan air bersih dikala mandi, dan kenakan pakaian yang longgar. Krim berbahan dasar lanolin bisa dioleskan dikala tidak menyusui. Ibu bisa meminta diresepkan krim ini pada dokter. Biasanya puting retak atau kering ini akan reda dalam 2-3 hari.

Infeksi jamur

Sayangnya, antibiotik yang diterapkan untuk menangani infeksi lain bisa menyebabkan infeksi jamur pada puting dan mulut bayi. Rasa sakit pengaruh jamur ini bisa masih terasa hingga sesudah sebagian jam selesai menyusui.

Mastitis

Mastitis adalah peradangan pada salah satu komponen payudara pengaruh pembengkakan atau penyumbatan kelenjar payudara. Ibu yang mengalami kondisi ini bisa merasakan demam, dan area yang bengkak akan terasa keras dan merah. Padahal terasa sakit, namun sebaiknya ibu tetap menyusui bayi untuk menolong meredakan peradangan dan mengeluarkan ASI sebanyak mungkin dari payudara. Selain itu Ibu juga bisa memerah ASI untuk disimpan. Tapi, mastitis yang tidak segera reda dalam sebagian hari atau terasa benar-benar mengganggu, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Ini bisa terjadi pengaruh infeksi yang perlu segera ditangani dengan antibiotik. Antibiotik yang diberikan dokter untuk menangani kondisi ini, lazimnya aman dikonsumsi selama menyusui.

Bisul payudara

Bisul payudara bisa terbentuk bila mastitis tidak ditangani dengan bagus. Bisul ini pada akhirnya perlu ditangani dengan tindakan pembedahan untuk mengeluarkan tumpukan cairan nanah. Selain unsur di atas, ada sebagian hal yang bisa menyebabkan rasa sakit dikala menyusui seperti bra menyusui yang tidak tepat, menstruasi, penyakit kista payudara, atau sebab hormon menyusui.

No comments:

Post a Comment

Keuntungan Setor Tunai Melalui ATM Bank Mandiri

Menggunakan layanan perbankan di dalam keuangan sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Ada banyak kebutuhan serta transaksi keuangan...